Ada Organ Tubuh Raksasa

MUSEUM yang seorang itu bukan mirip museum pada dewasa ini yang menyimpan benda purbakala. Koleksi Museum Tubuh (MT) itu merupakan organ-organ tubuh manusia yang ditampilkan di bentuk visual tiga dimensi. Bahkan, sebagian organ berukuran “raksasa” pada akhirnya pengunjung mampu masuk juga berjalan-jalan di di “organ” manusia tersebut.

MT sukses jadi lokasi belajar yang menggoda buat siswa sejak TK hingga SMA. “Tujuan didirikannya MT itu ialah sebab sepanjang itu manusia tak sempat memikirkan bagaimana bentuk dengan trik kerja organ tubuh akhirnya kamu dapat hidup dan melaksanakan event. Organ tubuh tersebut ibaratnya melebihi kerja sebuah pabrik yang terus bekerja, tak akhir. Dengan mengenal masing-masing organ, diharapkan kamu bisa menjaganya dengan prima untuk sangat sehat,” ujar Rina Sari, Manager Operasional MT.

MT terdiri dari 16 wahana. Wahana awal membahas mengenai gigi sesudah soal ginjal juga pencernaan. Begitu masuk dalam ruang ber- AC dan nyaman tersebut, pengunjung akan disambut tetapi satu guide yang memperlihatkan struktur sekaligus contoh gigi pada tiga dimensi. Pada sini tidak hanya mendengar, tapi sukses langsung menanyakan buat guide. “Sekitar 80 persen guide yang ada pada MT tamatan D3 Kesehatan serta Kebidanan, termasuk seorang dokter, pada akhirnya mereka berhasil menjelaskan fungsi organ tubuh dan maksimal,” lanjut Rina.

Zona tulang sendi dalam Museum Tubuh, Kota Wisata Batu, Jawa Timur.
Agar pengunjung makin menjiwai serta memahami setiap organ tubuh, MT sengaja menata setiap ruangan juga lebih hidup. Sehabis mendapat penjelasaan tentang gigi, pengunjung akan secara ruangan yang dapat menampung selingkungan 25 orang. Ruangan ini didesain menyerupai organ mulut. Seperti pada ruangan sebelumnya, pada pada “mulut” serta terdapat satu guide yang bakal menambahkan beraneka hal mengenai alat pengecap manusia itu.

Dan pencahayaan yang remang-remang, seorang guide menyalakan lampu untuk menyinari berbagai sisi lidah yang masing-masing mempunyai sifat rasa yang berbeda-beda. Terbaru kemudian pengunjung akan diperoleh masuk ke dalam lorong-lorong organ manusia berikutnya, semacam telinga, hati, ginjal, mata juga selanjutnya.

Dari seorang wahana menuju wahana lain terdapat ruangan dokter gigi lengkap dengan perangkat pendukung selanjutnya semacam meja kursi pemeriksaan dokter gigi. Dalam ruangan tersebut, pengunjung mampu memanfaatkan momen untuk berfoto bergaya layaknya seorang dokter gigi dengan pasiennya.

Masih belum cukup, demikian keluar dari wahana, segala pengunjung akan memiliki perlengkapan pemeriksaan kesehatan lewat cuma-cuma, mulai pemeriksaan jenis golongan darah, kolesterol, asam urat setelah osteoporosis. Seru, kan?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s