Sup Durian di Bandung Ini Bikin Ketagihan

Bukan semua orang menggandrungi buah berduri itu. Buah dengan julukan “Raja” dari para buah tersebut memang mempunyai aroma yang tetap kuat. Bahkan sangat banyak wisatawan dari luar Asia Tenggara menyamakan bau durian dan lokasi sampah.

Namun, kepada warga Indonesia serta kini Asia Tenggara, buah tersebut tetap dicintai sampai memiliki julukan yang “wah” itu. Durian juga tanpa hitungan kilo, melainkan per buahnya yang dihargai mulai Rp 20.000 sampai Rp 100.000.

Selain dinikmati langsung, berada beragam olahan durian. Misalnya durian yang ada ala es, merupakan sup durian. Satu diantaranya kafe yang membuka sup durian merupakan AZ Durian Milk dalam Tindakan Dipatiukur Bandung. Selain sup durian, AZ juga menyediakan Durian Pancake juga Durian Milk yang cocok dicemil pada siang hari yang bertensi tinggi di season kemarau itu.

“AZ Durian Milk tersebut dinamai dari huruf pembuka kedua anak saya,” jawab Amin, pemilik AZ Durian Milk, yang sedang mengembangkan bisnisnya selepas berganti-ganti lokasi bekerja sejak season 2006.

Selain ini, AZ ialah hal filosofi alfabet A sesudah Z yang berarti, Plan A sesudah Z juga slogan “Never Give Up”, yaitu ungkap mutiara yang terpampang dalam kedai tersebut.

AZ Durian Milk mengadakan beberapa tontonan sup durian juga bermacam pilihan rasa, pada antaranya sebagai cokelat, green tea, serta original. Uniknya, AZ menyajikan sup durian tanpa biji dengan es yang terpisah dari mangkuknya.

“Dari masa lalu juga pantauan, sangat banyak orang yang kurang suka bahwa memakan sup durian atau dessert lain bahwa terlalu banyak munculnya es. Selain ini, rasanya juga menjadi hambar sebab es meleleh dan tercampur juga buah,” ungkap Amin, mengutarakan penyebab es disuguhi terpisah.

Sup durian yang tersedia adalah adonan dari daging durian yang sudah diblender serta dicampur dan bahan lain, contohnya green tea juga cokelat. Tribun di kesempatan ini mencoba The King Original, merupakan sup durian tanpa merangseknya apapun. Rasanya durian selalu kuat pada tontonan ini.

Aroma juga rasa durian yang khas amat terasa pada tontonan durian itu. Tekstur sup juga sangat kental dengan dominan irisan daging ada di di mangkuk. Selain rasa orisinal, rasa green tea juga menyediakan sensasi baru melahap sup durian. Sup durian justru terasa gurih serta aroma serta rasa durian tidak sekuat biasanya.

Keseimbangan rasa gurih, manis dan khas durian terhidang di sajian sup durian green tea itu. Teksturnya juga lebih lembut dengan tak sekental rasa original. Satu kans, jika harap rasa green tea makin terasa, sup mesti dibawa di cukup dominan sesudah memenuhi mulut.

“Sangat enak, apalagi yang original,” ungkap Siska yang dari dengan anaknya, Naomi.

“Awalnya dari kesempatan temennya Naomi, katanya ada sup durian yang enak,” ungkap Siska, yang sedang bersantai sehabis menemani anaknya pada pendaftaran kuliah.

Pengunjung yang lain juga sangat menggemari sop durian original itu. “Awalnya cuman mesen yang porsi Nyobain, kini langsung mesen yang porsi Mabok,” tutur Arwin, dengan ketiga adik serta mama, Cintya, Ulung Gendis juga Helen.

“Baru kemarin ke sini, saat ini makan lagi, bahkan itu Gendis yang selalu balita aja gemar,” tambah Helen, dengan anak-anaknya yang datang dari Kopo.

“Lumayan enak menurut rasa cokelat juga green tea-nya,” kata Indah serta Riza, si tua dan si muda kekasih yang sedang menggunakan sup durian dalam AZ Durian Milk yang berwarna merah putih ini.

Sajian berikutnya pun memberikan rasa yang serupa mantapnya. Durian Milk menampilkan rasa lembut dari daging buah durian. Buah daging selalu lembut dengan layaknya jus, bukan terasa sebanding satu kali tekstur daging buah. Tetap encer juga berwarna putih susu, sesuai serta namanya, milk.

“Memang diproses layaknya menampilkan susu,” kata Amin, yang membuka tulisan bermacam khasiat Durian Milk pada menu.

Khasiat yang tertulis pada antaranya sebagai membantu PMS wanita, melepaskan pencernaan, mencegah anemia serta mengecek suhu badan.

Terdapat pula durian pancake yang tersaji pada 2 rasa, sebagai pandan dengan original. Adonan durian yang terlapisi adonan tipis panekuk menjadi keunikan sajian itu, layaknya melahap sajian Mochi Ice Cream yang lembut.

Tontonan sup durian yang ada di mangkuk ala piala yang cukup tinggi tersebut tersedia di tiga macam porsi. Ketiga porsi dinamai juga unik, yaiti Nyobain, Nagih dan Mabok. Harganya berkisar dari Rp sepuluh.000 sampai Rp 25.000 per porsinya dalam kafe yang berada dalam Cara Dipatiukur 49b tersebut.

Bermacam topping tambahan pun mampu dipesan, di antaranya merupakan corn flakes, berry bro, dan tutty frutty. Durian Milk yang bisa dicampur dengan sari buah yang lain (grape, strawberry) ditawarkan seharga Rp 12.000. Terakhir ialah pancake, yang bisa dipesan serta kisaran Rp 13.000 per pancake atau Rp 100.000 per 10 pancake.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s